WEB BLOG
this site the web

Misteri Candi Borobudur


Candi Borobudur, Siapa yang tidak kenal dengan candi yang satu ini. Saya pernah dating ke Candi tersebut, Candi ini sudah sangat terkenal seantero dunia, karena candi ini pernah termasuk menjadi 7 keajaiban dunia ( New Seven Wonders). Berdiri kokoh. Luasnya 15.129 Meter persegi Dibangun pada abad ke-9, saat belum ada teknologi. Hebatnya, Bangunan raksasa ini dibuat dari sekitar dua juta bau andesit dengan volume mencapai 55 ribu kubik. Lebih menakjubkan lagi, batu-batu itu bertatahkan relief yang bercerita., Yang membuat saya bingung dari kecil sampai saya besar adalah Apa yang terjadi sampai ada bangunan seperti itu di Indonesia?

Yang membuat saya bingung adalah karena bangunan ini berdiri di tengah candi megah, saya sangat kagum saat pertama kali melihat langsung candi tersebut, seakan-akan Negara kita sangat kaya akan budaya dan candi-candinya, Alangkah misteriusnya bagi saya. Entah bagaimana orang-orang yang membangunnya dulu mengangkut batu-batu andesit ini sampai ke lokasi candi. Bagaimana cara mereka memotongnya menjadi kotak-kotak besiku ini? Dan siapa pula arsitek yang merancang candi ini? Ya, semua itu masih sangat misteri bagi saya yang melingkup tentang candi borobudur.

Dan kamu tahu kan, saat terjadi gempa bumi di Yogyakarta tahun 2006 kemarin, Candi Borobudur bergeming! Sampai sekarang candi borobudur itu masih tetap utuh dan tidak hancur secara keseluruhan dan sampai saat ini terus di kujungi oleh wisatawan local dan mancanegara. Bayangkan, Betapa banyak tangan yang menata batu0batu ini dulu? Alat apa yang mereka pakai? Relief itu tetap membisu, Menyimpan Misteri.



0 komentar:

Posting Komentar

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies