WEB BLOG
this site the web

Jembatan Merah Taman Bogor( Golden Gate Indonesia)

Pada saat saya wara-wiri bersama teman-teman kampus angkatan KB 04, pada saat itu kami pergi jalan-jalan ke Taman Bogor, sesampainya di sana kami sempat mengelilingi taman bogor yang sangat begitu luasnya dan sangat indah, Di antara kalian pasti sudah pernah datang ke Taman bogor, menurut saya taman yang begitu indah dan juga terdapat tempat kediaman Istana presiden juga terletak di dalam Taman Bogor.

Saat kami jalan menulusuri sungai, menurut warga bogor nama sungai itu adalah Sungai Cisadane yang membelah Kebun Raya Bogor menjadi dua bagian. Untuk menyebrangi sungai tersebut kami melihat terdapat jembatan yang berwarna merah dan menarik perhatian saya juga teman untuk berfoto-foto di jembatan tersebut.


Jembatan merah yang menggantung memang istimewa karena jembatan ini bisa merentang dengan jarak yang cukup jauh tanpa harus membuat pilar-pilar kuat yang menyangganya di tengah-tengah, embatan tua berwarna merah ini merupakan tipe jembatan suspension atau jembatan gantung. Penahan utama jembatan ini adalah kabel besi fleksibel yang terlentang antara satu sisi dengan sisi yang lain.

Dan setelah menarik perhatian saya tentang jembatan merah tersebut, membuat saya ingin tau informasi tentang jembatan tersebut, dan ternyata Sejarah Jembatan Merah versi Bogor, pada tahun 1881 Seorang arsitek Belanda, Mr Motmann, bersama amtenar pribumi bernama Saripin membangun jembatan melintasi Sungai Cipakancilan. Setelah rampung, jembatan lengkap dengan lampu-lampu gas tersebut dilumuri cat warna merah bata, dari sinilah sebutan Jembatan Merah ( Golden Gate ) diambil.

0 komentar:

Posting Komentar

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies