WEB BLOG
this site the web

Contoh Pola Pengembangan Paragraf

Paragraf merupakan sebuah kesatuan pikiran yang mengungkapkan ide pokok dalam bentuk rangkaian kalimat yang berkaitan dengan bentuk (kohesi) dan makna (koherensi).

Ada beberapa yang merupakan pola pengembangan paragraf, yaitu :

  1. Paragraf definisi adalah paragraf yang menjelaskan sesuatu dengan jelas dengan konjungsi (adalah, ialah, yaitu) agar mudah dimengerti.

Contoh pengembangan paragraf definisi :

Apakah itu Sistem Bilangan ( Number System) ? Bagi sebagian pelajar sudah mengenal apa itu system bilangan, Sistem bilangan adalah suatu cara untuk mewakili besaran dari suatu item phisik. Sistem bilangan yang banyak dipergunakan oleh manusia adalah system bilangan Desimal, yaitu system bilangan yang menggunakan 10 macam symbol untuk mewakili suatu besaran, Sistem ini banak digunakan oleh manusia karena manusia mempunyai 10 buah jari untuk dapat membantu perhitungan dengan system decimal.

  1. Pola paragraph contoh, Paragraf contoh ebuah paragraf ilustrasi. Paragraf contoh dikembangkan menggunakan sebuah contoh atau ilustrasi. Contoh atau ilustrasi pada paragraph tersebut yang memberikan penjelasan terhadap gagasan paragraf, baik dengan cara deduktif, induktif, atau paduan keduanya.

Contoh pengembangan paragraf contoh :

Banyak dari sebagian orang, barangkali mayoritas, mungkin memandang curiga pada kehidupan ini, itu adalah karena mereka menolak untuk percaya bahwa keberhasilan datang dari pikiran yang dikelola dengan baik. Akan tetapi jangan terima penilaian dari orang biasa, Jika seseorang ragu mengenai kekuatan dasar prinsip, bertanyalah kepada orang paling berhasil yang anda kenal apa yang dia pikirkan tentang dirinya sendiri/

  1. Paragraf kausal adalah paragraf yang menunjukkan hubungan sebab­akibat dalam suatu kejadian.

Contoh pengembangan paragraf kausal :

Banyak anak generasi sekarang/ remaja yang selalu melupakan waktu yang bermaanfaat untuk diri mereka sendiri, karena mereka selalu membuang-buang waktu yang tidak penting untuk diri mereka kedepannya selalu bermalas-malasan yang sering dilakukan, tapi tidak memikirkan apa yang akan terjadi pada masa depan mereka, Hanya dari sebagian orang yang berhasil karena menanam benih dengan sunggu-sungguh untuk belajar demi masa depan yang indah baginya.

  1. Paragraf perbandingan paragraf yang membandingkan sesuatu untuk menemukan perbedaan atau persamaan.

Contoh pengembangan paragraf perbandingan :

Pada pertandingan sepak bola piala AFF pada penyisihan group di stadion Glora Bung Karno (GBK) Indonesia telah mengalahkan malaysia dengan score 5-1 dengan permainan yang sangat sportif dan sangat baik, sehingga Indonesia lanjuta pada babak-babak berikutnya, dan akhirnya bertemu lembali dengan Malaysia pada putaran Final pertama AFF yang di pertandingkan di stadion Bukit jalil Malaysia, pada pertandingan tersebut Indonesia Kalah dengan Malaysia dengan score 3-0 pada permainan tersebut para supporter Malaysia berbuat curang dan tidak sportif, mereka melakukan curang dengan bermain Laser mengarahkan ke pemainan Indonesia.

  1. Paragraf spasial adalah paragraf yang penulisannya berhubungan dengan tempat tertentu dan menggambarkannya.

Contoh pengembangan paragraf spasial :

Pada pertandingan Final Piala Suzuki AFF 2010 di selenggarankan di dua tempat dengan para tim yang berhasil lolos ke putaran final, yaitu antar Indonesia dan Malaysia, dan pada putaran final leg pertama akan di selenggarakan di Malaysia di stadion Bukit jalil, Kuala Lumpur pada tanggal 26-12-2010, dan pada putaran final leg ke 2 akan di selenggarakan di Tuan Rumah Piala AFF di Stadion Utama Glora Bung Karno, Jakarta , pada tanggal 29-12-2010, semoga Indonesia menang pada piala AFF.

0 komentar:

Posting Komentar

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies