WEB BLOG
this site the web

VIRUS PONSEL

  •         SKULL

Skull merupakan virus ponsel yang menggunakan ikon skull (tengkorak) dengan dua tulang yang saling bersilangan. Virus ini ditemukan pertama kali pada pertengahan November 2004. Virus akan berusaha masuk ke dalam sebuah ponsel dengan mengirimkan\ pesan berbunyi “Install ‘beta’_092_free-sms-RM?” atau “InstallBlueNumStealer?”. Begitu pemilik ponsel memencet tombol ‘yes’ virus skull akan segera menginfeksi. Akibatnya, ikon program-program aplikasi pada ponsel akan langsung berubah menjadi ikon tengkorak.

  •                 CABIR

Cabir merupakan virus ponsel pertama yang ditemukan, namun masih banyak berkeliaran hingga saat ini hanya akan menyerang ponsel dengan posisi Bluetooth mode discoverable. Ia masuk lewat inbox yang berisi file Caribe.sis. Jika si pengguna tidak tahu tentang hal ini, maka bisa jadi ia akan memencet tombol ‘yes’ unutk meng-install file ini. Pada saat itulah virus mulai aktif dan mencari sasaran ponsel Bluetooth baru untuk diserang. Sekalipun Bluetooth pada ponsel dalam posisi disable. Jika sudah terinfeksi maka Cabir terus berusaha untuk menginfeksi ponsel lain. Akibatnya, baterai ponsel terkuras dan cepat menjadi lemah.

  •         COMMWARRIOR

Virus ini bisa menyebar melalui MMS, Bluetooth, dan pertukaran kartu memori. Tipe serangannya bermacam-macam, salah satunya mengirim MMS acak ke kontak yang terdapat di phonebook ponsel yang sudah terinfeksi. Selain menyebar secara sporadic, virus ini juga akan membuka halaman html di ponsel dengan pesan yang berbunyi: “Introduction Surprise! Your phone infected by CommWarrior worm v3.0. Matrix has you, Commwarrior inside. No panic please, is it very interesting to have mobile virus at own phone. This worm……”

  •     DOOMBOOT

Virus ini banyak memiliki varian seperti Doomboot A, C, I, M, G dan P. Masing-masing memiliki cara penyebaran dan dampak yang berbeda. Varian Doomboot C misalnya, ia menyusup dengan nama samara “exoVirusStopv2.13.19”,mirip dengan nama antivirus ponsel. Jika file diterima dan di-install, sebagian besar pemilik ponsel tidak akan mengira bahwa ponselnya telah terinfeksi karena tidak ada ikon atau tanda apa pun setelah proses instalasi.

  •                  LOCKNUT

Virus yang memiliki nama lengkap SymbOS.Locknut ini merupakan virus Trojan yang beroperasi dengan memanfaatkan kelemahan system operasi symbian versi 7. Aktivitas virus ini menyebabkan system operasi ponsel terhenti dan mengalami crash. Ia memiliki banyak nama samara, antara lain Locknut.A, Symbos_Locknut.A, dan Symbos_Locknut.B Ponsel yang terkena virus ini awalnya akan menampilkan pesan bertuliskan “App. Close. AppArcServerTh.Read?”. Jika pemilik ponsel langsung memencet tombol ‘yes’ maka pada saat itu pula virus masuk ke ponsel tersebut.



Sumber : Tabloid Femina

0 komentar:

Posting Komentar

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies