WEB BLOG
this site the web

Teknik Evaluasi pada system interaksi

Adalah untuk melihat bagaimana suatu rancangan system dengan suatu jalannya proses yang sering kali kurang mendapatkan perhatian yang cukup formal, yang dibuat sedemikian rupa dengan permintaan pengguna

Ada 3 tujuan utama dari teknik sistem evaluasi :

1.Melihat efek interface bagi pengguna.

Ini mencakup pertimbangan aspek dari kemudahan system dipelajari, usability dan perilaku user. Penting juga untuk mengidentifikasikan area desain yang berlebih dari user, dengan menggunakan sejumlah informasi yang berlebih.

2.Mengidentifikasi problem khusus yang terjadi pada system

Ketika menggunakan konteks yang diinginkan menyebabkan hasil yang tidak diinginkan, atau terjadi kekacauan diantara user. Ini tentunya berhubungan dengan usability dan fungsionalitas dari desain (bergantung pada sebab masalah). Tujuan ini merupakan aspek negative dari desain.

3.Melihat seberapa jauh sistem berfungsi.

Desain system memungkinkan user melakukan tugas yang dibutuhkan denganlebih mudah. Ini tidak hanya membuat fungsionalitas yang sesuai ada di system, tetapi membuat mudah dicapai oleh user, user dapat melakukan aksi untukmelaksanakan tugas. Juga mencakup kesesuaian penggunaan system terhadapharapan user pada tugas tersebut. Evaluasi pada tahap ini meliputi pengukuranunjuk kerja dari user pada system, untuk melihat keefektifan system dalam mendukung tugas.

Jenis- Jenis Evaluasi

Ada 2 jenis utama dari evaluasi, yaitu yang dilaksanakan pada kondisi laboratorium
dan yang dilaksanakan pada lingkungan kerja atau ‘lapangan’.
• Dalam kondisi percobaan (Laboratory)
• Dalam kondisi lokasi kerja sebenarnya
• Participatory Design


Sumber : Google.com / Scribd.com




0 komentar:

Posting Komentar

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies