WEB BLOG
this site the web

Sosialisme Tidak Sama Dengan Komunisme

udah berlalu tapi kita masih mengalami trauma panjang soal sosialisme di Indonesia yang sepertinya adalah persoalan kematian politik. Sosialisme di Indonesia sebenarnya sudah panjang umurnya, seumur dengan sejarah bangsa kita. Pada awal kemerdekaan ada paham-paham seperti nasionalisme, sosialisme dan islamisme. Namun sekarang yang tersisa hanyalah nasionalisme dan islamisme. Ada apa dengan "sosialisme"? Tahun 1965 mencatat bahwa persoalan sosialisme seolah-olah adalah persoalan anti Tuhan dan persoalan yang sangat buruk dihadapan manusia. Pandangan sosialisme mengenai manusia seolah-olah merupakan pandangan mengenai keduniawian semata. Bagaimana sebenarnya sosialisme sekarang ini? Relevankah sosialisme ini dengan situasi politik dan situasi dunia saat ini? Ataukah kita harus menguburnya seperti juga kita mengubur sejarah Majapahit di masa yang lalu?

pengertian bahwa sosialisme sudah hancur. Yang jelas adalah benar bahwa negara-negara komunis sudah hancur. Tapi karena orang komunis selalu mengklaim diri sebagai representasi dari kekuatan sosialis satu-satunya, maka orang-orang berpendapat bahwa sosialisme itu juga hancur. Padahal yang hancur adalah komunisme bukan sosialisme. Ini harus jelas juga. Di Indonesia, komunis dan sosialis sering dianggap sama karena sumbernya dari Marx. Betul kita bersumber sama namun banyak hal yang juga berbeda dan bahkan mungkin perbedaan itu menjadi pertentangan yang begitu dahsyat dan kalau dilihat, mungkin konsentrasi kamp yang dibuat Rusia di Siberia isinya adalah orang-orang sosialis juga.

0 komentar:

Posting Komentar

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies