WEB BLOG
this site the web

PENJELASAN ABSTRAKSI

ABSTRAKSI



Rahadian Vindy 21108556
Lampu Otomatis yang di aktifkan dengan suara berbasis IC N555
PI. Sistem Komputer, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi,
Universitas Gunadarma, 2011
Kata Kunci : Microphone, Suara, Timer



Dengan perkembangan teknologi, sesuatu yang bersifat otomatis dapat membantu baik dalam penghematan waktu ataupun tenaga. Contoh kecil yaitu bila setiap pagi hari lampu harus dimatikan dan malam harinya dinyalakan kembali,
terkadang hal seperti itu menjadi masalah tersendiri. Untuk itu berdasarkan masalah diatas, maka penulis ingin merangkai alat yang dapat membantu dengan menyalakan atau mematikan lampu tersebut secara otomatis.
Lampu otomatis yang diaktifkan suara adalah suatu rangkaian elektronika yang outputnya berupa lampu menyala dengan memberikan input suara yang kepekaannya dapat di atur dengan menggunakan potensiometer.
Rangkaian ini menggunakan tegangan DC +12 Volt dan -12 Volt untuk mengaktifkannya.Sinyal suara yang masuk pada rangkaian ini di perkuat oleh IC LM741, sedangkan IC 555 berfungsi untuk mengatur menyala atau tidaknya lampu dan mengatur lamanya lampu untuk dapat menyala. IC 555 disini juga berfungsi sebagai pewaktu timer. Lama lampu menyala juga di t entukan oleh kapasitor dan resistor, semakin besar kapasitas kapasitor yang di gunakan, maka semakin lama pula lampu menyala. Dalam rangkaian ini juga terdapat dua buah potensiometer yang berfungsi untuk mengatur kepekaan suara yang masuk pada rangkaian. Komponentransistor dan SCR berfungsi sebagai saklar elektronik

0 komentar:

Posting Komentar

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies