WEB BLOG
this site the web

WILLIAM HARVEY


WILLIAM HARVEY (1578 – 1657)


William Harvey adalah dokter terkemuka inggris yang menemukan system sirkulasi darah dan fungsi jantung, beliau lahir Pada 1578 di kota Folkestone, Inggris Buku terlemuka Harvey, An Anatomical Treatiste on the movement of the Heart and blood in Animals. Di terbitkan pada 1628, dinyatakan sebagai buku paling penting dalam sejarah fisiology. Buku itu menjadi tonggak permulaan dari ilmu fisiology modern. Titik pentingnya terletak bukan pada aplikasi langsungnya, tetapi lebih kepadapemahaman dasar terhadap bagaimana tubuh manusia bekerja.

Untuk kita saat ini , yang dibesarkan dengan konsep bahwa darah bersikulasi teori Harvey sangat jelas. Tetapi, yang nampaknya sederhana dan pasti tidak begitu jelas bagi para ahli biologi pada masa lalu. Para penulis biologi masa itu telah menelurkan paandangan sebagai berikut : (A) Makanan menjadi darah didalam jantung; (B) Jantung menghangatkan darah; (C) Pembuluh darah dipenuhi udara; (D) Jantung memproduksi “Roh Vital”; (E) Darah yang berada di vena dan ateri surut dan maju kadang kearah jantung dan kadang menjauhi jantung.

Galen, Dokter terhebat didunia kuno, orang yang banyak melakukan pembedahan dan sangat mendalam menganalisis jantung dan pembuluh darah, tidak pernah menduga bahwa darah bersikulasi. Begitu pula dengan Aristoteles, walau biologi merupakan minat utamanya. Ahkan setelah buku Harey diterbitkan, banyak dokter yang menolak pendapat Harvey yang menyatakan bahwa darah ditubuh manusia secara konstan disirkulasi berulang-ulang di dalam system pembuluh darah yang tertutup, di mana jantung menyediakan kekuatan untuk menggerakan darah.

Harvey pertama kali menelurkan ide bahwa darah bersikulasi dengan membuat sebuah kalkulasi aritmatika sedehana. Dia memperkirakan bahwa jumlah darah yang disemburkan jantung setiap kali dia berdetak adalah sekitar 2 ons. Karena jantung berdetak 72 kali per menit, dengan perkalian sederhana maka dapat di simpulkan bahwa sekitar 540 pound darah per jam disemburkan oleh jantung ke aorta. Tetapi jumlah 540 pound melebihi berat badan normal manusia bahkan sangat melebihi jumlah berat darah itu sendiri. Oleh karena itu, jelaslah menurut pandanga Harvey bahwa darah secara konstan diperbarui melalui jantun. Dengan berbekal hipotesis dan melakukan pengamatan yang sangat hati-hati untuk menentukan detail dari sirkulasi darah.

Di dalam bukunya, Harvey jelas menyatakan bahwa arteri mambawa darah dari jantung, sementara vena membawa darah kembali ke jantung. Karena tidak mampunyai mikroskop,Harvey tidak dapat melihat pembuluh kapiler, pembuluh halus yang membawa darah dari arteri terkecil ke vena, tetapi Harvey dengan benar merujuk keberadaan mereka. ( Pembuluh kapiler setelah ditemukan oleh ali biologi Italia, Malphigi, beberapa tahun setelah Harvey meninggal).

Harvey juga menyatakan bahwa fungsi jantung adalah untuk memompa darah ke dalam arteri. Dalam hal ini, teori Harvey secara esensial benar. Selanjutnya dia menampilkan bukti percobaan yang berjibun dengan argument yang hati-hati untuk mendukung teorinya walau teori Harvey pada awalnya mendapat tentangan kuat, pada akhir hidupnya teorinya telah diterima secara umum.

Harvey juga meneliti embriologi yang walau kurang penting di banding dengan penelitiannya terhadap sirkulasi darah tidak menjadikannya bias diabaikan Harvey seorang pengamat yang berhati-hati, dan bukunya terbit tahun 1651, menandai awal sebenarnya dari penelitian modern terhadap embriologi. Seperti aristoteles yang sangat mempengaruhi Harvey, Harvey menentang hipotesis yang menyatakan bahwa embrio, bahkan dalam tahap paling awal sekalipun, mempunyai struktur yang sama seperti binatang dewasa walaupun dalam skala lebih kecil. Harvey dengan benar memperbaiki anggapan tersebut dengan menyatakan bahwa akhir embiro berkembang secara bertahap.

Harvey menjalani usia yang panjang, menarik dan sukses. Di usia remaja, dia belajar di Caius College di Universitas Cambridge. Pada 1600, dia pergi ke italia untuk belajar kedokteran di universitas Padua yang saat itu merupakan universitas kedokteran terbaik di dunia. (Bahwa Galileo pada saat itu menjadi Profesor di Padua bersamaan dengan Harvey yang masih Mahasiswa, tetapi tidak di ketahui apakah mereka berdua pernah bertemu). Harvey memperoleh gelar Dokternya dari Padua pada tahun 1602. Harvey kembali ke Inggris dan menjalani karier yang sukses sebagai dokter. Di antara pasiennya adalah dua raja Inggris ( James I dan Charles I ), Termasuk di antaranya filsuf anatomi di College of Physicians di London, dan pernah terpilih sebagai tambahan praktik pribainya, Harvey selama bertahun-tahun menjadi kepala dokter di rumah sakit St. Bharto lomeus di London. Saat bukunya popular di seantero Eropa. Harvey menikah, Tetapi tidak mempunyai seorang anak. Dia meninggal Pada 1657 di usia 79 tahun.

0 komentar:

Posting Komentar

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies